2.1 Kondisi ketahanan nasional dalam bidang ekonomi di Indonesia saat ini Kondis

2.1 Kondisi ketahanan nasional dalam bidang ekonomi di Indonesia saat ini
Kondisi ketahanan adalah suatu situasi atau kondisi yang dinamis suatu bangsa yang mana berisi suatu keuletan,kemampuan serta ketangguhan suatu bangsa dalam upaya pengembangan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam ancaman,gangguan,serta tantangan yang berasal dari dalam maupun luar yang dapat mengancam ataupun mengancam integritas suatu negara,keberlangsungan hidup,serta identitas dalam berbangsa dan bernegara.Ketahanan nasional dalam bidang ekonomi merupakan suatu dinamika dalam suatu aktivitas finansial di dalam suatu negara yang tangguh dan dapat melakukan pengembangan kekuatan nasional agar dapat menghadapi segala bentuk rintangan,hambatan,serta ancaman yang datang dari luar negeri maupun dalam negeri yang bertujuan agar terjaminnya kemakmuran bangsa dan negara tersebut.
Situasi pandemi covid-19 yang terjadi di seluruh dunia pada saat ini rupanya berpengaruh pula pada kondisi ketahanan nasional di indonesia saat ini.Dari hasil penelitian Laboratorium Ketahanan Nasional(tahun 2020 hingga awal tahun 2021) bahkan memperlihatkan bahwa situasi pandemi yang terjadi saat ini sangat berpengaruh terhadap kondisi ketahanan nasional yang dapat dilihat dari Indeks Ketahanan Nasional(IKN) yang mengalami penurunan dari skor 2,82 menjadi 2,70(menggunakan skala 1-5).Penurunan IKN tersebut rupanya mempengaruhi kondisi ketahanan di bidang ekonomi pula,di bidang ekonomi menurut data bahkan mengalami penurunan yang cukup drastis yang mana pada awalnya skor ketahanan ekonomi Indonesia adalah 3,08 menjadi 2,65.
Terlepas dari data yang diambil di atas pemerintah sebetulnya sudah mengambil beberapa kebijakan luar biasa untuk mengatasi dampak negatif di bidang sosial dan ekonomi,salah satu contoh kebijakan yang diambil adalah dengan merelokasi APBN yang kemudian diarahkan sepenuhnya untuk keperluan tersebut.Pemerintah menilai bahwa langkah-langkah yang diambil sudah mulai menunjukan beberapa perkembangan positif,namun demikian pemerintah tetap menghimbau agar seluruh pihak tetap mewaspadai kenaikan kasus covid-19 yang dikhawatirkan akan mendorong kembali restriksi mobilitas,sebab hal tersebut dapat memberikan dampak yang kurang baik pada pemulihan ketahanan nasional di segala bidang terutama di bidang ekonomi.
2.2 Upaya masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi masalah serta meningkatkan ketahanan nasional dalam bidang ekonomi
Ada beberapa faktor ancaman dalam bidang ekonomi di Indonesia, salah satunya adalah globalisasi ekonomi yang terjadi. Globalisasi ekonomi ini menyebabkan masyarakat di seluruh dunia bergantung satu sama lain, misalnya dalam bahan pangan. Hal ini sangat berkaitan dengan adanya perdagangan bebas, yaitu kebijakan dimana pemerintah tidak melakukan diskriminasi terhadap impor atau ekspor. Ada beberapa dampak positif dan negatif mengenai perdagangan bebas. Dampak positifnya salah satunya adalah membuka peluang investasi dari luar negeri, membuka peluang ekspor bagi para pelaku bisnis, meningkatkan daya saing produk-produk Indonesia ditandai dengan meningkatnya kualitas produk lokal, terpenuhinya kebutuhan negara, meningkatkan keuangan negara, dan memperluas lapangan kerja.
Sedangkan dampak negatifnya adalah, meningkatkan pola konsumtif masyarakat, menyebabkan banyaknya produk-produk luar negeri masuk ke Indonesia yang menggerus produk-produk lokal, meningkatnya ketergantungan pada negara maju, munculnya persaingan tidak seimbang antara negara maju dan negara berkembang, menghambat industri dalam negeri karena produk lokal kalah saing dengan produk luar negeri, dan pendapatan negara berkurang apabila ekspor melemah.
Dengan adanya pandemi Covid-19 Indonesia juga mengalami penurunan dalam bidang ekonomi, ditandai dengan adanya pemberhentian pekerja yang sangat banyak, pengusaha dan pedagang kecil terhambat untuk melakukan jual-beli, dan kebutuhan hidup masyarakat semakin menaik dari hari ke harinya. Oleh karena itu, diperlukan adanya ketahanan nasional yang berdasarkan Pancasila dalam bidang ekonomi oleh masyarakat. Upaya dalam peningkatan ketahanan nasional dalam bidang ekonomi juga harus diperhatikan dengan baik oleh pemerintah.
Upaya-upaya yang bisa dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah dalam meningkatkan ketahanan nasional dalam bidang ekonomi adalah mengembangkan sistem ekonomi yang berlaku agar memperkuat produksi dalam negeri. Selain itu, sektor pertanian juga harus dijadikan prioritas pertama karena pada dasarnya Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Ketahanan nasional dalam bidang ekonomi juga akan berjalan mulus jika berorientasi pada kesejahteraan rakyatnya.
Masyarakat dan pemerintah harus bisa memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang tersedia agar dapat mengoptimalkan bahan baku yang ada di dalam negeri sehingga tidak bergantung kepada ekspor dari luar negeri. Selain agar tidak bergantung pada ekspor, pemanfaatan sumber daya alam dan manusia jika dikelola dengan baik negara akan bisa mengimpor ke negara-negara lain yang bisa membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Negara juga harus bisa mandiri dalam melakukan kegiatan ekonomi, jangan bergantung kepada organisasi multilateral seperti bank dunia dan IMF agar terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkannya. Dengan demikian, ketahanan nasional di bidang perekonomian di Indonesia akan semakin kuat.
2.3 Ide cerdas untuk meningkatkan ketahanan nasional dalam bidang ekonomi
Untuk mencapai suatu peningkatan ketahanan nasional di bidang ekonomi tentu tak hanya bergantung pada peranan pemerintah tetapi juga perlu peranan penting masyarakat untuk mengusulkan ataupun mengajukan beberapa ide briliant yang bisa membuat ketahanan nasional indonesia terutama di bidang ekonomi bisa meningkat dan lebih baik karena era pandemi ini bisa menjadi ancaman serius bagi bangsa yang dimana dampaknya pun melebar ke berbagai bidang mulai dari masalah sosial, kesehatan, hingga yang paling penting yaitu ekonomi.
Maka dari itu peningkatan ketahanan nasional sudah menjadi hal krusial bagi negara Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang belum dapat diprediksi kapan usai. Aspek ekonomi merupakan hal yang penting bagi ketahanan nasional, maka pentingnya meningkatkan upaya ketahanan nasional dengan beberapa ide yaitu dengan Melakukan peningkatan nilai tambah, penyerapan tenaga kerja dan investasi di sektor riil dan industrialisasi. Langkah ini akan diimplementasikan dalam strategi perbaikan lingkungan bisnis dan peningkatan investasi, terutama dengan memfasilitasi peluang bisnis dan investasi. Misalnya, memberikan keringanan bea cukai dan pajak, menyusun aturan untuk meningkatkan lingkungan bisnis dan investasi di bawah Undang-Undang Omnibus Pajak, dan meningkatkan peringkat kesederhanaan Tinjauan operasional dan implementasi sistem perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik, bisa pula dengan melakukan penguatan kewirausahaan, usaha makro, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi. Untuk memperkuat kewirausahaan, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bisnis kewirausahaan dan akses pendanaan, mendorong peluang bisnis dan start-up, dan mendorong kewirausahaan, UMKM, dan koperasi karena dengan bisnis seperti ini bisa mendongkak meningkatkan perekonomian dan terjalinnya ketahanan nasional selain itu, dengan meningkatkan akses dan pendalaman pasar ekspor, melalui pemberian insentif fiskal terhadap bahan baku melalui Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE).
Serta melakukan penguatan pilar pertumbuhan dan daya saing ekonomi, agenda ini akan dilaksanakan dengan meningkatkan sistem logistik dan stabilitas harga, serta melakukan reformasi fiskal.
Terkait reformasi fiskal yang bertujuan untuk pemulihan ekonomi ini memfokuskan pada tiga pilar keuangan publik: sistem perpajakan, anggaran, dan keuangan publik yang sehat, adil dan kompetitif, terutama untuk perpajakan dan pertumbuhan pendapatan, menjajaki potensi inovasi untuk menaikkan tarif pajak, e-commerce, memperluas basis pajak dengan pajak penjualan plastik, menyesuaikan tarif PPN, dll. Ini akan diimplementasikan melalui reformasi pajak. Selain itu, untuk mengoptimalkan manajemen aset dan inovasi layanan, serta memperkuat tata kelola dan kebijakan.
Dengan ide-ide cerdas tersebut maka terjaganya stabilitas ekonomi di negara Indonesia dan terjaminnya peningkatan ketahanan nasional dalam bidang ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post it should be written in three perspectives, 1. Desсrіptive (500 words) – describ
Next post Instructions:- – Use Case Studies – Infographic Graphs and others -The graphs